skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
6 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

6 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

Sebagian besar orang berpendapat atau mengatakan asam urat sebagai penyakit, akan tetapi nyatanya asam urat senyawa alami yang dihasilkan tubuh. Sejauh kadar masih normal, maka tidak jadi masalah. Akan tetapi beda kasus jika kadar dalam tubuh tinggi.

Hal ini berakibat pada terjadinya gangguan berupa gagal ginjal atau rematik asam urat yang lebih dikenal dengan sebutan gout. Asam urat ini dibetuknya dari zat purin yang diuraikan kemudian disaring oleh ginjal. Sisanya dibuang melalui air seni. Kalau kadarnya berlebih maka ginjal tak dapat membuang asam urat tersebut, dampaknya akan terjadi peradangan sendi.

Berikut ini adalah makanan yang dilarang untuk asam urat:

1. Daging-dagingan

Kandungan purin dalam makanan ini masih tergolong sedang. Jadi, Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak paling banyak 170 gram setiap harinya.

2. Jeroan

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

3. Makanan laut

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi pengonsumsiannya, atau bahkan dijauhi karena makanan laut kaya akan purin. Jenis-jenis makanan laut yang tidak bersahabat bagi penderita asam urat tinggi antara lain kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

4. Sayuran

Ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi seperti bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, atau jamur. Namun, menurut penelitian, mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi, artinya risiko terkena gout atau serangan ulangannya tidak meningkat. berikut rinciannya:

A. Bayam.

Tentu anda sudah tidak asing dengan sayur ini. Sayur bayam. Ya, sayuran dengan daun hijau yang memiliki kandungan vitamin C, zat besi, beta karoten, luteins dan flavonoid ini memang banyak disukai orang-orang.

Akan tetapi bagi anda yang mengidap penyakit asam urat, sayuran ini menjadi pantangan untuk anda. Penyebabnya adalah bayam memiliki kandungan purin yang tinggi. Untuk 100 gram bayam, setidaknya terkandung 57 gram purin.

B. Kembang Kol

Kembang kol juga termasuk sayuran yang punya kandungan purin tinggi dan dilarang bagi penderita asam urat. Tiap 100 gram kembang kol mengandung 51 gram purin. Kembang kol adalah makanan yang mengandung gas tinggi sehingga tidak bagus dikonsumsi berlebihan sebab menyebabkan perut kembung dan begah.

C. Asparagus

Asparagus, pasti anda pun tak asing dengan sayuran yang satu ini. Asparagus yang populer biasanya dibuat menjadi sup. Sayuran yang satu ini juga dapat dikonsumsi dalam keadaan dingin maupun panas sesudah dimasak.

Sayangnya, sayuran yang mempunyai kandungan folat dan kalium yang tinggi ini juga punya kandungan purin tinggi sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh mereka yang memiliki sakit asam urat. Tiap 100 gram asparagus mengandung 23 gram purin

D. Jamur

Sayuran selanjutnya yang dilarang bagi penderita asam urat adalah jamur. Alasannya sama dengan bayam, kandungan purin dalam jamur pun cukup tinggi. Untuk 100 gram jamur setidaknya mengandung 92-17 gram purin.

5. Bir

Minuman ini mengandung purin dan bisa meningkatkan kadar dalam darah. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang mana pemicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi.

6. Gula

Meski kadar purin dalam gula tergolong rendah, Anda tetap disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Pengonsumsian gula yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes atau obesitas, yang mana bisa memperburuk gejala rematik asam urat yang Anda idap.

Hindari pula mengonsumsi minuman yang mengandung fruktosa, karena bisa meningkatkan kadar asam urat Anda. Jika Anda ingin memanjakan lidah dengan sesuatu yang manis, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.

Apa Itu Heavenliquid?

Obat Asam Urat HeavenLiquid merupakan Formula Herbal hasil dari Autofermentasi Nanotechnology dengan bahan yang 100% alami sehingga tidak memiliki efek samping setelah anda mengkonsumsinya.
Heavenliquid berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Formula Herbal yang kami ciptakan ini memiliki komposisi 100% Diospyros kaki.