skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
8 Cara Ampuh Menurunkan Asam Urat

8 Cara Ampuh Menurunkan Asam Urat

8 Cara Ampuh Menurunkan Asam Urat – Konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Akibatnya, sendi akan terasa nyeri. Selain minum obat, asam urat bisa dikontrol secara alami dengan perubahan pola makan. Purin dapat secara alami ditemukan dalam berbagai makanan. Ketika tubuh Anda mencerna purin dapat menghasilkan asam urat sebagai produk limbah.

Jika asam urat menumpuk dalam tubuh, dapat menyebabkan sakit kronis, pembengkakan dan nyeri di bagian sendi. Sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia, ada baiknya Anda mencoba cara alami untuk menurunkan asam urat dalam tubuh.

Berikut 8 Cara Ampuh Menurunkan Asam Urat

1. Makan buah ceri

Mengonsumsi buah ceri dapat mengurangi kadar asam urat, saran Liliana Stadler Mitrea, penulis Pathology and Nutrition — A Guide for Professionals. Reputasi ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung oleh studi tahun 2003 yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

2. Minum cuka apel organik

Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

3. Minum banyak air putih

Minum setidaknya depalan sampai 10 gelas air putih setiap hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah bila urine Anda encer.

4. Kurangi makanan tinggi purin

Kurangi atau bahkan hindari makanan yang mengandung tinggi purin. Kadar purin tertinggi terkandung dalam jeroan, seperti hati, ginjal, otak, juga daging merah dan alkohol. Tapi beberapa sayuran juga mengandung purin, seperti bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur.

5. Konsumsi vitamin C

Meningkatkan konsumsi vitamin C membantu mengurangi kadar asam urat. Health911.com menyarankan konsumsi 1.000 mg vitamin C pada awal serangan gout sampai rasa sakit reda, kemudian 500-3000 mg setiap hari untuk pencegahan dan untuk menurunkan kadar asam urat.

6. Konsumsi makanan bersifat basa

Dalam sebuah buku berjudul “Alkalinize or Die” Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan kita rajin mengonsumsi makanan basa (buah, sayur, biji, dll) maka akan sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan asam urat.

Asam urat dalam tubuh pada dasarnya diproses melalui ginjal, nah makanan bersifat basa inilah yang membantu melarutkan asam urat tersebut kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urine.

7. Konsumsi jus lemon

Berbicara mengenai buah masam, lemon juga termasuk salah satunya. Sifat masamnya yang tinggi inilah yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi asam urat tinggi. Mengingat, kandungan asam tersebut bisa membantu tubuh memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat.

8. Obat asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar

Tahukah kamu manfaat cengkeh dan ubi jalar? Ternyata, kedua bahan tradisional ini menjadi obat asam urat alami yang sudah digunakan oleh nenek moyang. Keduanya bisa membantu menetralkan kadar purin dan asam urat dalam tubuh.

Meskipun penyakit asam urat jarang menyebabkan komplikasi, tetapi hal tersebut patut diwaspadai. Adapun jenis komplikasi asam urat yang sering muncul antara lain seperti:

– Munculnya benjolan keras yang disebut tofi pada bagian sekitar peradangan. Benjolan ini dapat kamu rasakan di bawah kulit.

– Kerusakan persendian secara permanen, apalagi setelah benjolan tofi tadi dibiarkan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

– Munculnya batu ginjal yang disebabkan karena penumpukan asam urat dan kalsium dalam organ ginjal.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.

Apa Itu Heavenliquid!?

Obat Asam Urat Heavenliquid, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Heavenliquid adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.

Formula Organik Heavenliquid mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..