skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tips Sederhana Menurunkan Asam Urat

Tips Sederhana Menurunkan Asam Urat

Tujuan pengobatan asam urat sebenarnya bukanlah menghabiskan kadar purin di dalam tubuh sama sekali, melainkan menguranginya sampai ke batas normal dan mempertahankannya dalam jumlah wajar tersebut sampai tidak lagi mengganggu fungsi tubuh.

Untuk penyakit asam urat yang parah, dokter biasanya akan membuat resep sembari menyarankan gaya hidup dan pola makan sehat. Akan tetapi, ketika Anda baru merasakan gejala ringannya, ada baiknya Anda mencoba menyembuhkannya sendiri dengan melakukan modifikasi gaya hidup.

Bagaimana caranya? Prinsipnya mudah sekali: jangan biarkan purin menumpuk dalam tubuh Anda sampai tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal! Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa harus ke dokter atau minum obat resep terlebih dahulu:

  • Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini biasanya berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
  • Perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi, misalnya makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.
  • Minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh.
  • Imbangi diet sehat dengan olahraga untuk semakin melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat; cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Berikut ini, Tips sederhana cara menurunkan kadar asam urat dalam darah secara alami dan efektif:

  • Minumlah air putih antara 2 sampai 3 liter setiap hari. Air akan membantu ginjal untuk memproses asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.
  • Mengkonsumsi larutan baking soda untuk membantu melarutkan kristal asam urat, dan meningkatkan kelarutan asam urat. Tambahkan 1/2 sendok teh baking soda sampai 230ml air. Campur secara menyeluruh, dan minum maksimal 8 gelas sehari. Sekali sebelum tidur, satu kali saat bangun di pagi hari, dan setiap 2 sampai 4 jam antara waktu makan. Ulangi sampai gejala hilang.  Catatan: Karena baking soda mengandung tinggi natrium, beralih ke pola makan bebas garam selama minum larutan ini. Dan, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, lebih baik tidak minum larutan ini sama sekali.
  • Perubahan diet rendah purin. Karena asam urat berasal dari pemecahan purin, dan purin juga ada dalam makanan kita, penderita asam urat harus menjalankan diet rendah purin.

Jenis makanan yang harus dihindari karena mengandung purin yang tinggi, antara lain : daging merah berlemak , jeroan, unggas dan makanan laut (cumi, udang, kepiting, ikan laut tidak termasuk). Dan, sangat penting menghindari alkohol, Beer, khususnya, yang dapat menjadi pemicu tingginya asam urat.

Jenis-jenis makanan yang diperbolehkan diantaranya : asam lemak esensial (misalnya tuna, salmon, dll), produk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks (misalnya roti, sereal, pasta, nasi, sayur, buah, dll .), buah-buahan seperti ceri, stroberi, blueberry, anggur, dll

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.

Apa Itu Heavenliquid!?

Obat Asam Urat Heavenliquid, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Heavenliquid adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.

Formula Organik Heavenliquid mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..

GRATIS KONSULTASI

Kesehatan Anda!

Terima Kasih!
Kami akan Segera Menghubungi Anda